Selasa, 03 Januari 2012

Hub, Repeater, Switch, Bridge, Router

Fungsi dan Keunggulan Hub, Repeater, Switch, Bridge, Router

Hub
Hub adalah alat  penghubung antar komputer, terutama pada jaringan komputer. Hub merupakan type dasar bagi perangkat penghubung jaringan lainnya. Hub memiliki beberapa port yang diperuntukan untuk kabel penghubung. Dalam Hub sinyal ditransmisikan, sehingga ketika satu kabel mengirimkan data (misal : server mengirimkan data) maka sinyal/data akan diterma oleh semua sistem yang terhubung pada Hub. Semua pengiriman data antar komputer yang berkomunikasi akan melewati Hub. Kelebihan Hub ini ialah, ketika kita akan menambahkan satu kabel baru atau memutuskan satu kabel lainnya, hal ini tidak akan mempengaruhi konektivitas kabel atau komputer lainnya.

Repeater
Repeater merupakan jenis khusus dari Hub, dan hanya memiliki dua port. Hal ini bertujuan untuk memperkuat sinyal antara dua jaringan atau segmen jaringan yang terlalu jauh.
Ada 2 Versi Repeater :
1. Repeater Pasif  : Repeater yang tidak hanya menguatkan sinyal, namun juga meredam kebisingan.
2. Repater Aktif    : Repaeter yang berfungsi membersihkan sinyal sebelum dikirim ke komputer.

Switch
Switch merupakan type khusus dari Hub, seperti juga Hub yang memiliki beberapa port, Switch juga sama. Hanya saja, secara internal Switch memiliki daftar tabel yang ditemukan pada sistem setiap port, dan dapat memilih data mana terlebih dahulu yang akan dikirim. Tidak seperti hub, yang mengirimkan data melalui semua kabel yang behubungan dengan Hub, Switch dapat lebih cepat karena masing - masing port tidak harus membawa sinyal yang berjalan di jaringan atau semua kabel.

Bridge
Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang dibuat untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Seperti Repeater, Bridge juga hanya memiliki dua port dan menghubungkan dua kelompok komputer. hanya saja perbedaannya Bridge memiliki node lebih dan karena jaringan dibagi, berarti sedikit komputer bersaing mendapatkan sumber daya, sehingga dapat meningkatkan kinerja jaringan.

Router
Router merupakan penyortir paket/ data yang cerdas, yang mampu melihat tujuan akhir pengirimana data dan mampu menganalisis jalur mana yang dapat dilewati dengan mudah untuk mempercepat transmisi dengan mengggunakan Headers dan Daftar Tabel  pengantar yang berada di program yang disediakan oleh Router sendiri.