Selasa, 03 Januari 2012

WiMax

Kita pasti sudah pernah mendengar bahkan malah sudah mengenal teknologi akses nirkabel dari mulai 1G, 2G, 3G, 3.5G, berlanjut pada GPRS dan EDGE. WiMAX teknologi akses nirkabel yang disebut - sebut sebagai generasi ke-empat ini, kini telah hadir. WiMAX dikenal memiliki kemampuan teknologi yang lebih baik dibanding akses nirkabel pendahulunya.
WiMAX (Worldwide Introperability for Microwave Acces) merupakan teknologi akses nirkabel yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan memiliki jangkauan yang luas. Radius yang mampu dijangkau WiMAX yaitu sampai 70 km disekitarnya.
Salah satu keunggulan WiMAX dibandingkan yang lain ialah dalam hal kecepatannya dalam pengiriman data (transfer rate). Bila dibandingkan, pengriman data 5Mb hanya memerlukan waktu 10 detik saja, dengan kecepatan hampir 4 Mbs. Berikut perbandingan pengiriman data pada 5Mb untuk beberapa teknologi nirkabel:







Dengan WiMAX, kita akan merasakan kemudahan berinternet. Seperti Browsing, File sharing tanpa hambatan, Straming, teleconfrence, dan multiplayer game dengan baik.