Kamis, 01 Desember 2011

Best & Better Operating System

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh populer sistem operasi modern termasuk Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.wikipedia


Seperti pngertian di atas..tentu saja semua pengguna komputer (user) pasti menggunakan operating system, termasuk saya,dan disini saya menggunakan O.S microsoft window, dan window yang digunakan ialah window 7 home premium..edisi dari window yang terbaru..assiik...heu..

Kesan saya selama menggunakan window tentu saja yang pertama dari kemudahan petunjuk untuk menggukannya, cara installisasi yang mudah, dan yang terpenting human interface yang mudah dipahami. Dengan semua itu penggunaan window 7 terasa memudahkan dalam penggunaan komputer. Hanya saja, ketika menggunakan window 7 sebaiknya tingkat processor kita juga menggunakan processor dengan kelipatan hitungan yang tinggi, misalnya intel core 2 duo, i3, i5 atau i7 sehingga dapat memaksimalkan kinerja window 7, dan tidak tersa berat ketika booting atau running. 

Dan satu lagi yang dirasa kekurangan dalam window 7 adalah pada saat memformat ulang komputer ketika terkena virus atau mungkin ketika error, atau hardisk yang lemah. Memformat harddisk sebaiknya tidak menggunakan window 7, karena dalam sistem format yang disediakan window 7 terlalu simple, atau boleh dibilang sangat memudahkan..namun ketika akan memformat, misal; ketika hanya akan memformat local disk C yang berisi program - program yang terkena virus, jika kita tidak langsung menekan tombol restart secara paksa ketika 100% bootingnya, maka komputer akan memformat semua Local disk/partisi-partisi yang mungkin berisi data-data penting kita. Dan akhirnya ilang deh....yah...

Untuk urusan format ini...barulah kita kembali masukan Window XP dan setting untuk booting pertama di BIOS. Dengan Window XP, memformat salah satu partisi dapat dilakukan karena memang Window XP masih menyediakan sistem yang mungkin agak repot, namun masih dapat melakukan hal yang sangat membantu kita dalam keamanan data kita.