Kamis, 29 Desember 2011

Perbedaan Linux,Sun OS,Mac OS, dan FreeBSD

Linux
Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti pada perangkat lunak bebas dan terbuka lainnya, pada umumnya, kode sumber Linux juga dapat di ubah dan dimodifikasi oleh siapa saja. Pada Sistemnya, sistem dan pustaka Linux umumnya berasal dari sistem operasi GNU.
Linux merupakan sistem operasi yang digunakan berbagai macam jenis perangkat lunak komputer, seperti dalam komputer dekstop, superkomputer, dan juga dalam sistem permainan, seperti dalam Playstation 2, Playstation 3, XBox, telepon genggam dan router.
Linux dikenal memiliki keamanan dan kesetabilan yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows.
Linux memiliki kelebihan dalam penerapan bahasa pemograman, sehingga mendukung hampir semua bahasa pemograman. Peralatan - peralatan untuk membuat aplikasi dan program - program sistem operasi tersebut umumnya terdapat dalam GNU toolchain. GNU toolchain ini terdiri atas GNU Compiler Collection (GCC) dan GNU build system. GCC menyediakan kompilator untuk Ada,  C, C++, dan Fortran. Dan Kernel Linux sendiri ditulis untuk dapat dikompilasi oleh GCC.

Sun OS
SunOS adalah versi dari Unix sistem operasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang diperuntukan untuk workstation dan sever sistem komputer.
SunOS 4.1.2 memperkenalkan dukungan pertama untuk Sun, Sun4m yang memiliki arsitektur multiprosessor mesin (SPARCserver 600MP  seri ), karena hanya satu kunci di kernel, hanya satu CPU pada suatu waktu bisa menjalankan di kernel.
Jika anda mengenal OS Solaris..itu merupakan nama dari SunOS yang digunakan sekarang, dan secara universal Sun OS secara resmi menggunakan nama Solaris, meskipun nama SunOS masih terlihat dalam OS itu sendiri dalam banner starup, output dari uname perintah, dan halaman manual footer, dll.

Pencocokan SunOS 5.x rilis untuk nama pemasaran yang sesuai Solaris adalah sederhana: setiap nama rilis Solaris termasuk SunOS 5 yang sesuai nomor versi minor. Sebagai contoh, Solaris 2.4 dimasukkan SunOS 5.4. Ada satu twist kecil: setelah Solaris 2.6, "2." dijatuhkan dari nama Solaris dan SunOS jumlah kecil muncul dengan sendirinya. Rilis terbaru adalah Solaris 11, dan menggabungkan SunOS 5.11.

Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh APPLE Computer dan tidak kompatible dengan PC berbasis IBM.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9.
Mac OS juga meluncurkan Mac OS server, fitur tambahan yang disediakan oleh Mac OS versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.


FreeBSD

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft  XBox, DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD-64, Power PC dan Arsitektur NEC PC-98. 
FreeBSD dapat berjalan diberbagai mesin, contoh : Intel X86 (32-bit,64-bit), ProsessorCompac, MesinSPARC 64-bit dari Sun Microsystem, Power PC dan AMD64. FreeBSD merupakan turunan dari Barkeley UNIX, namun FreeBSD tiadak bisa dipangil UNIX.
Bahasa pemograman 
Pada tahun 1969. Unix dikembangkan, ditulis dalam bahasa Assembly oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Tadinya OS ini dinamai UNICS, singkatan dari (Uniplexed Information and Computer System), akan tetapi atas usul dari Brian Kernighan, namanya dirubah menjadi Unix. Tahun 1973, dengan alasan portabilitas, Unix ditulis ulang dalam bahasa C. Selanjutnya, perusahaan AT&T (yang lab-nya, Bell, dipakai untuk mengembangkan Unix oleh Dennis Ritchie) memberikan source code Unix kepada instalasi pendidikan dan pemerintahan untuk lebih mengembangkan penggunaannya.
Fitur
Fitur yang paling menonjol pada release sistem operasi UNIX baru ini adalah dukungan terhadap virtual memory dan implementasi protokol baru dari ARPANET yang selanjutnya dikenal sebagai Internet Protocols (IP). Sistem operasi UNIX baru ini berbeda sama sekali dengan sistem operasi UNIX AT&T. Sistem operasi ini kemudian dikenal sebagai Berkeley UNIX.