Sabtu, 10 Desember 2011

Perbedaan Windows mobile,Symbian,Blackberry,i-Phone,Android


ANDROID
Android merupakan platform perangkat lunak untuk perangkat mobile yang didukung oleh Google OS, yang pada awalnya dikembangkan oleh Google setelah itu diselesaikan oleh Handset Alliance. Android merupakan sebuah system operasi terbuka yang diperuntukan untuk perangkat bergerak (Mobile device). Pada Juli 2005 android telah diakuisisi oleh google dan pada 5 November 2007 barulah secara resmi Android di rilis oleh Google. 
Dalam pengembangan aplikasi android menyediakan : 
  • Android SDK yang menyediakan tools dan API untuk para pengembang aplikasi dengan flatform android. 
  • Android menggunakan java sebagai bahasa pemogramannya.

MOBILE PHONE

Windows Mobile adalah sebuah system operasi ponsel yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat mobile, Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar. Ponsel pintar seperti ini pada awalnya didesain tanpa layar sentuh,  dibuat untuk dioperasikan dengan tangan, dan biasanya memiliki resolusi tampilan yang lebih rendah dari Pocket PC.

Perangkat yang mendukung tekhnologi windows mobile :

  • Perangkat yang didukung oleh produk ini adalah perangkat dengan resolusi layar 240 x 320 (QVGA).
  • Format kartu data berpindah (removable storage card) yang didukung adalah CompactFlash dan MultiMediaCard (MMC).
  • Perangkat Pocket PC belum distandarisasi dengan arsitektur PC tertentu yang spesifik.
  •  Pocket PC 2000 diluncurkan dalam berbagai arsitektur CPU: SH-3, MIPS, dan ARM.
  • Secara tampilan, sistem operasi Pocket PC mirip dengan sistem operasi Windows 98, Windows Me, dan Windows 2000.


BLACKBERRY  
BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, dan sms, internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Spesifikasi Tekhnologi Blackberry : 
Sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat.

OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. 

OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.




I-PHONE
iPhone adalah telepone genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain.
Selain itu telepon ini juga memiliki perangkat lunak yang dapat mengunggah foto. iPhone dapat memainkan video, sehingga pengguna dapat menonton televisi atau film. iPhone memiliki lebih dari 425 ribu aplikasi yang dijual di iTunes di computer, maupun di Apps Store langsung di iPhone. Para pengguna iPhone bahkan dapat langsung membeli dan mengunduh aplikasi yang dijual di Apps Store, asalkan tidak melebihi 10MB. Sistem operasi iPhone adalah versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan. Sistem operasi ini memakan ruang kurang lebih sebanyak 250MB. Sistem operasi dapat diupdate berkala melalui iTunes secara gratis.


SYMBIAN
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas, yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak (mobile).
Mirip seperti sistem operasi dekstop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking, dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu untuk berproses.



Kesimpulan :
Dari penjelasan mengenai kemajuan dan kecanggihan tekhnologi - tekhnologi untuk perngkat mobile tersebut pada dasarnya semua mempunyai kesamaan yang hampir sama mengenai fitur dan aplikasi pendukungnya, dan bertujuan untuk mempermudah pekerjaan dan kebutuhan penggunanya.
Namun yang membedakan ialah OS yang memjadi basic pengoperasian perangkat ini. Perbedaan OS yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kemudahan pemakaian dan cara kerja alat agar dapat memudahkan kebutuhan pengguna di era komputerisasi ini.