Sabtu, 10 Desember 2011

Perbedaan Windows 3X,ME,XP


Windows 3.X
Windows 3.0 merupakan versi ketiga dari sistem operasi berbasis graphical user interface yang dibuat oleh Microsoft Corporation yang dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.xx dapat menjalankan banyak MS-DOS Prompt dan aplikasinya secara multitasking, Windows 3.xx dapat menggunakan memori di atas 640 KB (dalam DOS, range alamat memori dari 0 Byte hingga 640 kilobytes disebut dengan conventional memory, di mana semua aplikasi berjalan). penyebab populernya Windows 3.00 adalah karena Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) untuk Windows 3.00, sehingga para pengembang akan lebih mudah dalam menulis dan mengembangkan aplikasinya untuk Windows.


Windows Millenium Edition ( ME)
Windows Me merupakan sistem operasi transisi antara 16 bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32-bit dapat didukung dengan baik. Oleh Microsoft, Windows ME ini diluncurkan pada tanggal 14 September 2000. Windows ini dapat berjalan tanpa bantuan MS-DOS. Windows sendiri adalah sistem operasi buatan Microsoft.

Windows XP
Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Profesional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas Kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, Versi Windows berbasis arsitektur NT dikenal dengan stabilitas dan efisiensi yang lebih baik daripada versi Windows 9x. Windows XP menyajikan grafikal interface yang dirancang ulang secara signifikan. Windows XP diketahui sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki kestabilan yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, dan juga memiliki efisiensi yang lebih baik daripada Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional. Hal ini dikarenakan Windows XP menerapkan sebuah teknik manajemen software yang dapat menghindari apa yang disebut dengan "neraka DLL" atau "DLL HELL". Selain itu, tampilan Windows XP pun dirombak, hingga menjadi lebih mudah untuk digunakan.